Menyalakan Api dengan Gesekan

Menyalakan api dengan gesekan adalah cara tertua dalam menyalakan api tanpa korek api. Ini bukanlah cara termudah, tetapi merupakan cara terpraktis yang bisa dilakukan ketika berada di alam liar.
Kunci keberhasilan menyalakan api dengan gesekan ini adalah jenis kayu yang digunakan sebagai poros dan alas. Cemara adalah salah satu jenis kayu yang bagus untuk menyalakan api dengan cara ini. Pastikan juga kayu yang anda gunakan berada dalam keadaan kering.
Ada beberapa metode untuk menyalakan api dengan gesekan kayu, antara lain:
1. Hand Drill
Metode ini adalah metode yang paling primitif diantara metode lainnya. Disini anda harus menyalakan api menggunakan kayu poros yang diputar dengan tangan kosong.


Pertama, siapkan berbagai bahan yang mudah terbakar..misalnya saja rumput kering, daun kering, dll.
Kedua, siapkan ranting kayu kering yang panjang sebagai poros, sebuah papan kayu sebagai alas, dan selembar daun sebagai tempat serbuk kayu yang terbakar.
Ketiga, pada papan kayu (alas)..buatlah titik yang besarnya kurang lebih sama dengan poros kayu, kemudian potong pada tepinya membentuk huruf V agar serbuk api bisa jatuh ke daun.


Keempat, letakkan daun tepat dibawah papan kayu (alas), kemudian mulai putar kayu poros dengan tangan hingga terbentuk api.
Kelima, ambil serbuk api yang tercipta dan letakkan di bahan mudah terbakar yang sudah anda siapkan. Tiup pelan-pelan hingga api membesar.
Berikut ini adalah video Hand Drill terbaik yang ada di youtube